Resep Obat Tradisional Suara Serak - Singa Depa

Resep Obat Tradisional Suara Serak

Kehilangan suara atau suara serak sangat tidak menyenangkan. Apalagi kalau bagi penyanyai. Penyebab suara serak yang paling umum diakibatkan karena batuk, flu atau sakit tenggorokan. Tetapi jangan khawatir, suara serak biasanya tidak berlangsung lama. Banyak obat tradisional yang dapat mengobati suara serak.

Jeruk nipis obat tradisional penghilang suara serak. Foto : Max Pixel.
Jeruk nipis obat tradisional penghilang suara serak. Foto : Max Pixel.

Ada baiknya mengetahui penyebab suara serak terlebih dahulu agar obat herbal yang diberikan sesuai dengan penyebabnya. Karena ternyata penyebab suara serak sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa penyebab utama suara serak.

Karena Perubahan Cuaca
Perubahan cuaca biasanya mengakibatkan adanya perubahan suhu. Perubahan suhu biasa menjadi penyebab bakteri tumbuh dengan cepat sehingga menyebabkan berbagai macam penyakit seperti flu, batuk atauu penyakit lainnya. Flu biasanya membuat suara menjadi serak.

Karena Iritasi
Iritasi atau radang yang terjadi pada tenggorokan akan menyebabkan suara serak. Penyebab iritasi ini biasanya diakibatkan karena terkena debu.

Debu yang terhisap dan masuk ke tenggorokan akan mengganggu pernafasan dan menyebabkan tenggorokan atau pita suara diselimuti lendir atau dahak.

Karena Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat mengakibatkan suara menjadi serak. Pada saat dehidrasi, tenggorokan akan terasa kering. Usahakan agar banyak minum air putih.

Karena Merokok
Merokok memang banyak bahanyanya. Salah satunya bisa menyebabkan suara menjadi serak. Merokok selain mengakibatkan suara serak, juga bisa mengakibatkan kanker.

Karena Mengkonsumsi Makanan yang Tidak Sehat
Mengkonsumsi gorengan secara berlebihan ternyata dapat mengakibatkan suara serak. Selain gorengan, makanan cepat saji atau fast food ternyata dapat menyebabkan suara serak juga.

Nah, setelah mengetahui penyebab suara serak, sekarang giliran membahas resep obat tradisional untuk suara serak.

Jahe
Jahe sudah sejak lama digunakan sebagai obat yang sangat efektif untuk menyembuhkan suara serak. Jahe dapat menenangkan membran mukosa yg mengelilingi kotak suara dan meredakan peradangan. Jahe juga membantu mencegah infeksi pada saluran pernafasan pada bagian atas.

Caranya :
Rebuslah jahe 3 iris yang besarnya kurang lebih seperti ibu jari, kemudian rebus dengan dua gelas air, bisa di tambah gula atau madu. Minum tiga kali sehari agar suara serak anda cepat sembuh. Anda juga bisa dengan cara memakan permen jahe apabila mendesak.

Madu

Madu juga sudah dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan suara serak, karena madu dapat menenangkan tenggorokan yg teriritasi dan mengurangi peradangan.

Caranya :
Minumlah madu murni satu sendok makan minimal tiga kali sehari untuk menjaga tenggorokan anda tidak kering.

Pilihan lain adalah anda dapat mencampur satu sampai dua sendok makan madu dan sejumput bubuk lada hitam dengan segelas air hangat. Meminumnya tiga kali sehari sampai suara serak sembuh.

Kumur-kumur dengan Air Garam
Cara yang paling mudah untuk menyembuhkan suara serak adalah dengan berkumur air garam. Garam dapat membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernafasan dan air hangat mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Caranya :
Tambahkan satu sdm garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian aduk sampai garamnya larut. Gunakan ini untuk berkumur tiga kali sehari.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah yang kaya kandungan vitamin C. Kandungan inilah yang mampu memerangi penyebaran infeksi pada tenggorokan. Jeruk nipis juga dapat melembabkan tenggorokan, mengurangi nyeri dan peradangan.

Caranya :
Campurkan 1 sendok makan madu, satu sendok makan jeruk nipis dengan satu gelas air hangat. Aduk rata campuran tersebut,kemudian minum dua kali sehari.

Pilihan lain adalah dengan memeras satu jeruk nipis dengan ½ cangkir air hangat. Gunakan untuk berkumur setidaknya dua kali sehari. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam untuk cara ini.

Bawang Putih

Bawang putih memang lebih dikenal sebagai bumbu dapur. Tetapi ternyata bawang putih dapat digunakan untuk menyembuhkan suara serak. Bawang ini dapat mencegah peradangan, mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

Caranya :
Ambil satu siung bawang putih, kemudian kunyah dan telan. Dengan mengkonsumsi ini akan mengurangi iritasi dan mempromosikan penyembuhan. Atau dapat ditambahkan beberapa tetes minyak bawang putih untuk ¼ cangkir air hangat. Berkumur dengan larutan ini dua kali sehari.

Nah apabila sudah sembuh, agar terhindar dari suara serak, berikut ini adalah tips menjaga suara agar tidak serak.

  • Hindari berteriak terlalu keras.
  • Jika Anda seorang perokok, berhentilah sekarang. Bagi yang buka perokok, hindari asap rokok dari orang lain.
  • Hindari minum-minuman beralkohol, karena dapat mengeringkan tenggorokan dan memperburuk kondisi.
  • Agar pita suara anda lembab, minumlah air hangat secara berkala sepanjang hari.
  • Mandi dengan air panas, uap akan membantu membuka saluran udara Anda dan memberikan kelembaban.
  • Menghilangkan alergen dari lingkungan Anda, karena ini dapat memperburuk atau memicu suara serak.
  • Jangan gunakan dekongestan, karena ini dapat mengiritasi dan mengeringkan tenggorokan.
  • Cobalah untu berlatih pernapasan.

Demikian resep obat tradisional untuk menyembuhkan suara serak. Semoga bermanfaat.
Resep Obat Tradisional Suara Serak Resep Obat Tradisional Suara Serak Reviewed by Ghost Ships on 4:39 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.